Eliston Fransiskus Nadeak

Eliston Fransiskus Nadeak
"Sahabat bukanlah matematika yang dapat dihitung nilainya, Ekonomi yang mengharapkan banyak materi, Pancasila yang dituntut oleh undang-undang, tetapi Sahabat adalah Sejarah yang dapat dikenang sepanjang masa"

Jumat, 08 Oktober 2010

Megawati Nilai Penanganan Bencana oleh Pemerintah Lambat

Jakarta - Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri menilai penanganan bencana oleh pemerintah saat ini sangat lambat. Luas wilayah Indonesia yang sedemikian besar tidak bisa menjadi alasan keterlamabatan penanganan bencana.
"Penanganan bencana oleh pemerintah sekarang sangat lambat. Memang sulit, negara kita sedemikan besar, jangkauan secara nasional kita tahu. Itu sangat urgent," kata Megawati dalam jumpa pers usai memimpin rapat pleno FPDIP di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Jumat (8/10/2010).
Hal itu dikatakan Megawati menanggapi pertanyaan wartawan tentang penanganan pemerintah terhadap bencana banjir bandang di Wasior, Papua Barat.
Megawati mengatakan, kebutuhan pokok bagi para korban bencana seharusnya sudah tiba di lokasi satu hari setelah bencana terjadi. "Tempat yang paling jauh pun seharusnya menjadi perhitungan kita," kata Megawati.
Megawati mengatakan, saat ini pemerintah perlu memberikan mind-set perubahan iklim kepada masyarakat, sehingga masyarakat bisa selalu waspada terhadap bencana.
"Pemerintah harus sudah bisa membuat gebrakan pengetahuan kepada masyarakat kita, bahwa ini akibat perubahan iklim, yang kita liat sampai hari ini kita masih mengalami musim hujan. Akibat ketinggian air laut itulah yang menyebabkan daerah-daerah yang sebetulnya tidak terkena banjir, longsor, jadi terkena," kata Megawati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar